Beranda > Pelayanan Kami > Pelayanan Dokter Spesialis > Spesialis Mata
 
 
 

Spesialis Mata

Klinik Limo medicare memiki klinik mata yang melayani Pemeriksaan dan pelayanan :

  • Kelainan refraksi
  • Glaukoma
  • Retina
  • Infeksi dan imunologi
  • Tumor
  • Bedah minor mata
  • General check up mata
  • Kelainan mata lainnya

Kelainan refraksi
Rabun disebabkan oleh kelainan refraksi dan dapat berupa rabun jauh, rabun dekat atau lensa mata yang mengalami penuaan. (Rabun yang dimaksud : myopia, hipermetropia, astigmat atau gabungan dua dari ketiga kelainan refraksi tersebut). Kelainan refraksi dapat diketahui dengan pemeriksaan refraksi subyektif maupun obyektif (streak retinoskopi) dan dikoreksi dengan menggunakan kaca mata maupun lensa kontak.

Katarak
Katarak adalah suatu keadaan dimana lensa seseorang mengalami kekeruhan. Sebagai salah satu media refraksi, Jika lensa mengalami kekeruhan, maka sinar dari luar tidak dapat diteruskan sampai ke retina mata sehingga tidak terbentuk gambar yang jelas di otak kita. Umumnya katarak timbul karena proses degenerasi atau penuaan. Katarak bukan penyebab kebutaan permanen karena penderita dapat melihat kembali setelah dilakukan pengangkatan lensa yang mengalami kekeruhan. Kami menyediakan bedah katarak dengan menggunakan tehnik insisi kecil fakoemulsifikasi dan penanaman lensa/Intra Ocular Lens (IOL) yang dapat menyembuhkan tajam penglihatan lebih cepat, radang dan astigmat/cylinder pasca operasi minimal. Kami juga memakai mesin fakoemulsifikasi generasi terkini dengan system pendingin yang aman untuk kornea selama operasi berlangsung.

Glaukoma
Glaukoma yaitu suatu keadaan adanya tekanan bola mata/Intra Ocular Pressure (IOP) yang meningkat disertai gangguan lapang pandangan dan atrofi papil saraf optik. Kelainan ini dapat dideteksi dengan pemeriksaan tekanan bola mata menggunakan Schiotz Tonometer, Test konfrontasi, fundus papil saraf optik. Untuk mendapatkan tekanan bola mata yang diinginkan/ target pressure dapat diberikan berupa obat-obat tetes mata atau sistemik anti Glaukoma sampai tindakan bedah filtrasi mata yang bertujuan untuk mencegah atau memperlambat terjadinya kebutaan permanen akibat kematian sel saraf optik.

Retina
Retina merupakan membran tipis yang terdiri atas saraf sensorik penglihatan dan serat saraf optik. Jika dianalogikan, retina adalah film dari sebuah kamera foto. Apabila jaringan ini rusak, maka tidak akan terbentuk gambar yang jelas pada otak walaupun media reflaksi lainnya dalam keadaan normal. Kelainan retina dapat berupa : Perdarahan dot, gloth, sloth, exudate atau penimbunan lemak, edema, robekan, pembentukan membran sampai pembentukan pembuluh darah abnormal yang mudah pecah. Kelainan tersebut dapat diakibatkan oleh penyakit sistemik (Diabetes Mellitus, Hipertensi, Anemia, Autoimun ataupun genetik, dll), proses degenerasi dini retina pada Myopia tinggi dan degenerasi makula pada usia lanjut, dan lainnya. Kelainan retina dapat dideteksi dengan pemeriksaan fundus menggunakan rubilens pada alat slit-lamp, direct-indirect ophthalmoscope dan tree mirror atau menggunakan lensa 90 D. Cegahlah kelainan retina sejak dini dan hindari kebutaan permanen.

Infeksi dan Imunologi
Infeksi dan imunologi merupakan kelainan mata disebabkan bakteri, virus atau status imun seseorang yang dapat mengenai berbagai jaringan mata, antara lain: kelopak mata, konjungtiva, sklera, kornea/selaput bening, uvea dan corpus vitreous sampai papil saraf optik.

Tumor mata
Tumor mata adalah suatu keadaan dimana kedudukan antara mata kanan dan kiri tidak simetris, salah satu mata lebih menonjol dan mungkin terdapat bola mata kearah tertentu. Kelainan dapat dideteksi dengan menggunakan alat Hertel, pemeriksaan klinis dan pemeriksaan radiologist ataupun scaning mata sebagai Golden standar dalam menegakkan diagnosis tumor. Kadang diperlukan tindakan biopsi jaringan tumor atau pengangkatan tumor secara in toto / utuh.

Trauma mata
Walaupun mata mempunyai sistem pelindung yang cukup baik, tidak jarang mendapat trauma dari luar, diantaranya : trauma tumpul, trauma tembus bola mata, trauma kimia dan trauma radiasi. Trauma dapat mengenai seluruh jaringan mata yang dapat mengakibatkan kerusakan pada rongga orbita, kelopak dan bola mata serta saraf mata yang berdampak pada gangguan fungsi penglihatan. Jika terjadi trauma pada mata diperlukan perawatan yang tepat untuk mencegah terjadinya penyulit yang lebih berat atau kebutaan dikemudian hari.

Kelainan mata Lain

Bedah minor mata
Kami juga melayani pemeriksaan mata lainnya (uji Anel, uji Fluorescence, Sensibilitas dll) serta bedah minor mata yang dilakukan di kamar operasi ataupun di poliklinik dengan biaya terjangkau.

General Check Up mata
Pada General Check Up dilakukan pemeriksaan mata luar, reflaksi, tekanan bola mata, tes buta warna dan funduskopi mata untuk menemukan adanya kelainan mata pada taraf dini.

 

 
 
 
limomedicare.com